Hadits 1: Muliakan diri dengan Al-Qur’an

FacebookTwitterGoogle+

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

عَنْ عُمَرُ قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم:إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ

Dari `Umar rd berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan Kitab ini (Al-Qur`an) dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran).”  (HR Muslim).

maksud hadits ini menurut para Ulama adalah: seseorang akan diangkat derajatnya di Dunia dan akhirat dengan Al-Qur’an yaitu orang yang mempercayai kebenaran setiap kata didalamnya, mempelajari, mentadaburi dan mengamalkannya, karena Al-Qur’an merupakakan sumber segala ilmu dan Allah akan mengangkat derajat bagi orang yang berilmu. sebagimana Allah Berfirman dalam surat Al-Mujadilah ayat 11:

Artinya: “…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

ayat tersebut menyatakan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang menyertai keimanannya dengan ilmu, setiap ilmu yang menambah keimanannya maka Allah akan mengngkat derajatnya di dunia dan akhirat.

akan tetapi seseorang juga akan direndahkan dengan Al-Qur’an di dunia dan akhirat, yaitu bagi orang-orang yang membaca Al-Qur’an tetapi tidak mempercayai (meragukan) akan kebenaran isi kandungannya dan bahkan takabbur (sombong) terhadapnya. inilah orang yang akan direndahkan dengan Al-Qur’an. mereka membaca tetapi tidak ingin memahami, mereka memahami tetapi ragu terhadap isinya, mereka memahami tetapi tidak mau mengamalkan. inilah yang akan mendapatkan kehinaan disebabkan Al-Qur’an. nauzubillah min zalik… (setyawan)

 

FacebookTwitterGoogle+

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *