Solusi setiap masalah

FacebookTwitterGoogle+

unduhan

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”. (QS. Al Baqarah: 45)

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada manusa agar senantiasa mengingat-Nya dalam keadaan apapaun, dimanapun dan kapanpun. Baik dalam keadaan suka maupun duka, karena sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi pada manusia sudah tertulis di lauhul mahfuzh, tinggal manusianya siap menerimanya atau tidak.

Jika manusia menerima kebaikan dari Allah maka ia akan senang dan bahagia dan pasti siap untuk menerimanya, tetapi jika yang datang sebuah musibah atau cobaan maka kebanyakan dari mereka belum siap untuk menghadapinya sehingga berbagai macam cara ia lakukan untuk menghindarinya, padahal musibah dan cobaan merupakan sunatullah yang pasti akan terjadi pada setiap manusia, dan kita sebagai hamba Allah harus yakin bahwa tidak ada cobaan diatas kesanggupannya sebagaimana firmanNya:

لا يكلف الله نفسا إلا وسعها

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. (QS. Al Baqarah: 286).

Untuk itulah manusia diberikan jalan keluar setiap masalah, karena sebenarnya setiap ada masalah yang datang pasti Allah sudah menyediakan solusinya, hanya saja harus dicari dan berusaha untuk menyelesaikannya. Allah memberikan sarana untuk membuka jalan solusi yaitu dengan dua hal:

  1. Sabar
  2. Shalat

Dua hal inilah sebagi pintu pembuka solusi setiap masalah yang ada, karena dengan kita bersabar dan shalat makan sesungguhnya kita telah melakukan apa yang telah Allah sarankan kepada hambanya dalam menyelesaikan setiap masalah tersebut. Hal ini juga lah yang telah Rasulullah lakukan setiap ada masalah yang datang kepada beliau, sebagaimana yang diceritakn oleh salah satu sahabat Huzaifah bin Yaman, bahwa Rasulullah bila mengalami suatu perkara (cobaan) maka beliau segera melakukan shalat”.

Setiap ada masalah (cobaan) Rasulullah selalu melakukan shalat, tetapi hal ini bukan berarti membiarkan masalah tanpa ada usaha untuk mencari solusi, shalat merupakan pintu gerbang setiap solusi, jadi bisa diartikakn bahwa shalat adalah langkah awal untuk membuka pintu gerbang solusi setiap masalah, hal ini karena yang memberikan cobaan Allah maka sudah seharusnya kita meminta solusi juga kepada yang Maha kuasa atas segala sesuatu yaitu Allah, dengan demikian harapannya dapat dimudahkan untuk menemukan solusinya.

Demikianlah sekenario yang Allah tetapkan untuk manusia, setiap bayi yang dilahirkan sudah membawa rizkinya masing-masing, setiap masalah (cobaan) yang datang, maka Allah sudah menyiapkan  solusi dan jalan keluarnya, setiap penyakit, Allah sudah meyiapkan penawarnya. ini adalah sunatullah yang pasti terjadi, maka kita sebagain manusia harus mampu menerima dengan hati yang ikhlas baik itu menyenagkan (baik) atau buruk, itu semua datang dari Allah, dan Allah yang akan memberikan solusinya. Wallahu a’lam bish showab. (setyawan)

FacebookTwitterGoogle+

One Response to Solusi setiap masalah

  1. Mendekatkan diri kepada Allah juga dapat membantu berpikir tenang dan berpikir positif setiap anda tertimpa masalah. Ingat, ini bukanlah pelengkap untuk Cara-cara Menghadapi Masalah, namun ini adalah hal utama yang harus kita lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *